Karya Bhakti Mahasiswa (KBM) 2018 Asrama Mahasiswa Kabupaten Sambas Sultan Muhammad Tsjafioeddin





Karya Bhakti Mahasiswa (KBM)
 Asrama Mahasiswa Kabupaten Sambas
 “S.M.Tsjafioeddin” di Kubu Raya

   Menjadi mahasiswa memiliki kesenangan tersendiri selain dari belajar dibangku kuliah, salah satunya adalah kita bisa mengikuti organisasi yang sesuai dengan diri kita. Tidak sah rasanya menjadi mahasiswa jika tidak pernah ikut berorganisasi, kita butuh kemampuan untuk bersosialisasi, kemampuan manajemen, kemampuan memecahkan masalah dan memiliki jiwa kepemimpinan dengan ikut berorganisasilah untuk kita belajar menjadi itu semua.
    Asrama Mahasiswa Kabupaten Sambas S.M.Tsjafioeddin atau disingkat dengan ( AMKS “S.M. Tsjafioeddin) merupakan asrama yang telah berdiri sejak 20 November 1989. Asrama ini di dirikan di Jln. Sungai Raya Dalam, Gg. Raya VI, NO 93 Kecamatan Sungai Raya Kab. Kubu Raya. Asrama ini diperuntukkan hanya untuk mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Sambas, dengan tujuan agar meringankan biaya bagi mahasiswa dalam hal tempat tinggal, dan menghasilkan mahasiswa yang berkualitas, sehingga nantinya dapat memberikan sumbangsih pada pembangunan di Kabupaten Sambas.
    Asrama Mahasiswa Kabupaten Sambas merupakan sebuah organisasi yang berada di asrama mahasiswa kabupaten sambas, organisasi ini memiliki berbagai macam kegiatan, salah satunya Karya Bhakti Mahasiswa (KBM), kegiatn ini merupakan bentuk kecil pengabdian mahasiswa untuk daerah khususnya kabupaten sambas.
Apa itu Karya Bhakti Mahasiswa?
Narasumber “Ketua Panitia Karya Bhakti Mahasiswa 2018”
Rudi Harianto : “Karya Bhakti Mahasiswa (KBM), yang artinya mahasiswa berkarya untuk masyarakat untuk pengertian umumnya. Sedangkan untuk pengertian spesifiknya adalah memperpanjang tangan pemerintah untuk masyarakat maksudnya, banyak masyarakat yang belum tau bagaimana cara menyampaikan aspirasinya terutama pada masyarakat pedalaman yang terpencil. Dan salah satu tridarma mahasiswa  adalah mengabdi kepada masyarakat, jadi Karya Bhakti Mahasiswa adalah Ekstrak dari tridarma mahasiswa. Dari semua pengertian tersebut tujuannya adalah untuk membantu masyarakat pedalam yang terpencil dengan adanya kegiatan ini”.
KBM dilaksanakan selama 7 hari atau seminggu di daerah yang ditentukan oleh panitia, banyak agenda yang dilakukan mulai dari untuk anak-anak sampai dewasa, acara yang biasa dilaksanakan seperti perlombaan rakyat, perlombaan islami, seminar kewirahusaan, penyuluhan kesehatan, penyuluhan NAPZA, LCT sekecamatan, baksos, bekam massal, motivasi dan penyuluhan kenakalan remaja dan masih banyak lagi.
Pada tahun ini (2018)  Karya Bhakti Mahasiswa dilaksanakan di desa Sagu dusun Binawarsa Kecamatan Galing.
Sumber: http://ismailushman.blogspot.co.id/2015/03/asrama-mahasiswa-kabupaten-sambas.html
Text Box: Pan_Pel KBM
2018
 
 

Komentar